Tips Saat Terjadi Gempa Bumi

2 Likes Comment
tips saat terjadi gempa bumi

Tips Saat Terjadi Gempa Bumi – Gempa bumi bisa disebabkan oleh banyak hal seperti adanya pergeseran dalam lempeng bumi, aktivitas sesar dalam perut bumi, gerakan geomorfologi lokal seperti reruntuhan tanah, gunung meletus dan juga ledakan nuklir.

Hal tersebut mengakibatkan rembatan getaran diatas tanah, dalam jangkauan yang cukup besar. Dalam beberapa kasus menimbulkan efek kerusakan yang besar dan mengakibatkan korban jiwa. Selain itu, gempa juga menjadi pemicu terjadinya tanah longsor, tsunami dan juga runtuhnya bebatuan di kawasan tertentu.

Untuk itu, berikut disajikan beberapa tips saat menghadapi gempa. Apa saja itu? Simak selengkapnya.

Ketika Berada Dalam Rumah

Jika gempa terjadi dan kamu sedang berada didalam rumah, carilah meja dan bersembunyi dibawah kolong. Lindungi kepala dengan tangan, ataupun tas dan buku. Usahakan agar kamu tenang dan tidak panik. Jika gempa berangsur berhenti, atau telah berhenti, segeralah cari pintu keluar lalu menjauh dari rumah atau bangunan tinggi lain disekitar rumah.

Ketika Berada Di Luar Rumah

Jika saat gempa terjadi kamu sedang berada diluar rumah, atau sementara jalan kaki, lindungi kepala dan menjauh dari gedung yang tinggi agar kamu terhindar dari reruntuhan yang terjadi serta pecahan kaca akibat gempa bumi.

Saat Berada Di Sekolah, Kantor Dan Tempat Lain

Ketika kamu berada di sekolah, kantor ataupun tempat lain, berlindunglah dibawah meja sekolah atau meja kantor kamu. Sama seperti kamu sedang berada didalam rumah. Jangan panik, tetap tenang dan lindugi kepala.

Didalam Kendaraan Pribadi Seperti Mobil (Tidak Berlaku untuk Motor)

Jika kamu berada didalam mobil ketika terjadi gempa, mobil akan bergoyang. Jika kendaraan sementara berjalan, hentikana kendaraan, keluar dari kendaraan untuk mencari tempat aman.

Untuk mengantisipasi gempa susulan, carilah berita melalui siaran radio dan media lain. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mewaspadai gempa-gempa selanjutnya, dan tidak terprovokasi oleh berita-berita hoax atau kabar burung yang terjadi dalam masyarakat.

You might like

About the Author: miminwekerindo

Seorang full-time blogger yang baru belajar ngeblog beberapa tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.