Sering Marah-Marah? Kontrol Yuk Emosi Kamu Dengan 11 Cara Ini

8 Likes Comment
Sering Marah-Marah

Beberapa dari teman, pacar dan orang terdekat mungkin dikenal sebagai orang yang emosional atau sering marah-marah. Menjadi sosok yang emosional memang beresiko dan terkadang membuat orang-orang yang berada di dekatnya merasa tidak nyaman serta cenderung akan dijauhi.

Ada banyak alasan mengapa seseorang itu emosional. Salah satu alasan yang paling umum adalah banyaknya masalah baik pribadi dan keluarga yang dihadapi termasuk juga tuntutan pekerjaan.

Jika anda masuk pada golongan orang yang emosional, ada baiknya anda mengontrolnya karena dapat membuat orang-orang didekat anda memusuhi anda, dan bahkan bisa memicu konflik yang tidak diinginkan.

Emosi yang dimaksud disini adalah suatu sikap mudah marah. Dan perlu juga anda ketahui juga tidak semua jenis emosi berarti marah. Ada emosi yang sifatnya positif dan emosi jenis ini bisa membantu anda dan orang lain mengatasi masalah-masalah yang dihadapi entah itu di tempat kerja ataupun di rumah.

Disisi lain ada emosi negatif yang menunjukan suatu keadaan dimana seseorang mudah marah, cepat tersulut emosinya dan cenderung mengarah pada tindakan agresif, menantang dan berujung pada pertengkaran fisik.

Untuk itu, mengontrol emosi sangat penting dilakukan oleh setiap orang. Karena cara ini bisa membantu anda dan orang lain menjalin hubungan yang lebih baik sekaligus untuk menghindari, mengatakan dan melakukan sesuatu yang dapat merugikan anda di kemudian hari.

Sebelum kemarahan anda meningkat, ada baiknya anda menggunakan strategi-strategi khusus dibawah ini yang dapat membantu anda mengontrol emosi anda. Lalu apa saja strateginya? Berikut 11 cara mengontrol emosi yang terbukti berhasil.

1. Menghitung mundur saat mulai emosi

Hitung mundur baik turun ataupun naik dapat meredakan emosi atau rasa marah anda secara perlahan-perlahan. Saat anda mulai marah atau benar-benar marah coba hitung mundur dari angka 100. Pada saat menghitung detak jantung anda akan melambat dan amarah anda berangsur-angsur turun.

2. Tarik nafas dalam-dalam

Saat marah, nafas menjadi lebih pendek dan seperti tersengal-sengal. Semakin anda marah semakin cepat jantung anda memacu. Untuk meredakannya, coba balikan keadaan itu dengan mengambil nafas dalam-dalam dari hidung lalu hembuskan lewat mulut. Lakukan ini hingga beberapa menit sampai amarah anda benar-benar reda.

3. Pergi berkeliling

Olahraga juga dapat membantu seseorang menenangkan saraf dan mengurangi rasa marah. Jika anda mulai emosional, coba jalan-jalan, naik sepeda atau bermain permainan apa saja yang ada didepan anda karena ini dapat membuat anda rileks sekaligus meredakan rasa marah anda.

4. Rilekskan otot

Otot yang progresif ketika di pompa akan memicu rel xation yang membuat anda tegang seketika dan ini biasanya terjadi saat marah atau emosi. Untuk menguranginya, coba rilekskan otot anda perlahan-lahan karena ini dapat menurunkan emosi anda secara perlahan-lahan.

5. Katakan frasa yang dapat membantu anda tenang

Jika anda orang yang emosional dan mudah marah, ada baiknya anda menemukan kata atau frasa yang dapat membantu anda tetap tenang dan fokus. Ulangi kata-kata tersebut, lagi dan lagi untuk diri sendiri saat anda emosi. Anda juga bisa mengungkapkannya dalam hati. Ada beberapa frasa yang dapat membantu seseorang tenang seperti kata ‘tenang, tenang saja’, ‘saya akan baik-baik saja’ dan lain sebagainya.

6. Regangkan leher dan bahu

Anda juga dapat meregangkan leher dan bahu untuk mengurangi rasa marah. Karena cara ini adalah salah satu gerakan yoga yang membantu seseorang mengendalikan tubuh serta mengontrol emosi mereka.

7. Menghindar

Masuklah ke ruangan yang tenang, tutup mata anda dan berlatih untuk memvisualisasikan diri pada sebuah adegan yang santai. Fokus pada detail adegan imajiner yang anda ciptakan. Seperti misalnya, apa warna air minum? Berapa tinggi gunung yang ada didepan saya, seperti apa suara burung berkicau di rumah ibu dan lain sebagainya. Latihan seperti ini membantu menenangkan anda saat amarah. Namun jika tidak sempat, apalagi saat itu anda benar-benar marah, coba menghindar sejenak dari tempat anda marah.

8. Mainkan lagu

Biarkan musik membawa anda jauh dari perasaan anda saat ini. Masukan erbud atau putar musik didalam mobil anda. Ada baiknya anda memutar musik favorit anda tetapi ingat, jangan putar musik dengan genre heavy metal. Ada baiknya anda memutar lagu-lagu pop atau lagu-lagu tertentu yang bisa membuat anda bahagia.

9. Berhenti bicara

Ketika anda emosi anda mungkin akan mengeluarkan ekspresi marah entah itu dari wajah dan kata-kata. Tetapi justru hal itu malah membuat masalah semakin pelik terutama untuk diri anda sendiri. Untuk menghindarinya, usahakan agar berhenti berbicara dan biarkan bibir anda terpaku rapat seperti saat bad mood. Momen tanpa bicara ini akan memberi anda waktu untuk menenangkan pikiran.

10. Luangkan waktu sejenak

Biarkan diri anda istirahat sejenak dan usahakan agar menjauh dari orang lain. Dalam waktu sepi ini, anda dapat memproses peristiwa yang terjadi atau apa yang membuat anda marah seketika lalu balikan emosi tersebut ke keadaan sebelumnya saat anda belum marah.

11. Tulis di jurnal harian

Hal yang tidak bisa dikatakan harus disampaikan lewat tulisan. Jika anda sedang marah, dan ada kata-kata yang tidak bisa anda sampaikan, coba sampaikan dalam tulisan seperti misalnya dalam diary, catatan di smartphone dan di media lain.

Catat apa yang anda rasakan saat ini dan bagaimana anda meresponnya. Hal ini membantu anda tenang karena dari sini anda dapat menilai kembali peristiwa yang terjadi, penyebab utama mengapa anda marah dan apa solusi yang harus diambil.

Sebenarnya juga ada banyak cara untuk meredakan emosi sepert menonton stand-up comedi atau melakukan hal-hal yang disukai. Tujuan dari semua ini adalah sama untuk mengontrol emosi anda jangka panjang.

Kemarahan sebenarnya merupakan emosi normal dan dialami oleh setiap manusia. Namun, jika keadaan ini malah membuat anda berubah menjadi agresif, ada baiknya anda menemukan solusi yang tepat yang memungkinkan anda untuk mengontrol emosi dan rasa marah itu.

Jika tips ini tidak membantu, saya sarankan agar anda berkonsultasi ke dokter spesialis kesehatan mental atau terapis yang dapat membantu anda mendiagnosa penyebab emosi anda yang mungkin cepat sulut sekaligus membantu anda untuk mengontrolnya. Demikian artikel tentang Cara Mengontrol Emosi yang terbukti berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat ~

You might like

About the Author: miminwekerindo

Seorang full-time blogger yang baru belajar ngeblog beberapa tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.