Cara Mudah Menerapkan SEO Di Postingan Blog

1 Like Comment
cara mudah menerapkan seo di postingan

Cara Mudah Menerapkan SEO Di Postingan Blog – Belajar SEO memang tidaklah mudah. Ada banyak faktor yang menjadi penentu peringkat anda di mesin pencarian Google. Mungkin anda sudah sudah pernah mengenari pernyataan dari banyak blogger bahwa SEO bukanlah ilmu pasti. Itu benar!

SEO tidak dapat diprediksi, karena setiap bulan berubah. Katanya sih, logartima search engine Google tiap 3 bulan berganti dengan logaritma yang baru.

Ketika anda belajar tentang SEO itu berarti anda coba memahami logaritma search engine yang diterapkan dalam mesin pencarian. Semakin anda perhatikan, semakin anda paham, dan semakin ada tahu bagaimana membuat postingan blog yang SEO friendly.

Mungkin anda sudah pernah membaca postingan saya sebelumnya tentang SEO tahun ini. Didalamnya memngupas tentang strategi SEO yang relevan untuk tahun ini. Strategi itu masih beruputar-putar soal banyak hal seperti Backlink, Postingan, Kata Kunci, dan lain sebagainya.

Itu sebenarnya merupakan kunci untuk membuka gerbang SEO kita. Untuk memahami ini, anda harus benar-benar tahu apa yang anda tulis, dan apa yang ingin anda targetkan dan terakhri, informasi apa didalamnya.

Baca Juga : 9 Cara Mengoptimalkan Konten Yang Terbukti Berhasil

Ibaratnya, seperti anda membuat tulisan tentang ‘Makanan Tentara’ maka anda harus menjabarkan makanan-makanan apa yang biasa di makan oleh tentara saat mereka latihan, lalu apa yang ingin anda targetkan didalamnya, seperti Makanan Tentara, dan informasi tentang daftar makanan tentara.

Ketika anda membuat tiga hal ini, berarti anda sudah mulai membuat postingan yang bernuansa SEO. Tetapi itu tetap tidak cukup, SEO itu gabungan dari beberapa Elemen.

Jika anda ingin mempelajari lebih lanjut tetang SEO, dan fakta-faktanya, saya sarankan agar anda membaca dulu artikel-artikel dibawah ini sebelum kita lanjut pada pembahasan kita tentang SEO.

Jika anda sudah membacannya, berarti anda sudah sedikit paham soal itu. Mari kita lanjutkan pembahasan kita tentang belajar SEO dengan mudah.

Atau, jika anda tidak ingin melanjutkan, anda dapat mendowload Ebook tentang SEO dibawah artikel. E-Book itu dapat anda gandakan, perbanyak dan disediakan gratis untuk anda.

Saya tidak ingin menjual Ebook ketika ada kemauan untuk belajar. Saya hanya mengharapkan agar Ebook itu bisa memberikan mutu dan guna bagi anda yang ingin mempelajari tentang SEO lebih dalam.

Langkah-langkah menerapakn SEO di Postingan blog

Saya pastikan anda sudah membaca artikel-artikel tentang SEO diatas, baik dari pengantar ataupun dari kolom-kolom lain seperti yang tertera pada link Baca Juga.

Lalu, bagaimana cara mudah menerapkan seo di postingan blog? Saya sarankan agar anda membaca artikel ini sampai habis. Karena disini kita membahas secara lengkap mengenai cara mudah menerapkan seo di postingan blog.

Baca Juga : 5 Kesalahan Umum Dalam Menerapkan SEO

Oke, langsung saja pada inti pembahasan. Berikut cara belajar SEO dengan mudah yang dapat anda terapkan untuk meningkatkan pengunjung blog anda.

Ini berisi daftar-daftar postingan yang SEO Friendly dan dapat anda terapkan di postingan blog anda ataupun di postingan WordPress. Ini daftarnya!

1. Keyword di Title

Yang pertama tentu saja judul. Untuk memperoleh keyword yang baik dan persaingannya tidak terlalu sengit anda dapat menggunakan Tools dari Google seperti Google Ads ataupun Google Trends.

Atau anda juga dapat menggunakan layanan-layanan lain seperti di Semrush, dan tools lain yang memungkinkan anda untuk bisa meriset keyword.

Selain itu, ini adalah salah satu cara mudah menerapkan seo di postingan blog. Mengapa? Sebab, judul adalah elemen kunci dari keyword yang bakal anda bidik.

Setelah anda memperoleh keyword, katakanlah, Keyword tersebut tentang Makanan Tentara, maka anda memasukan Keyword tersebut di Titile ataupun di Judul postingan anda.

Keyword inilah yang ingin anda targetkan di postingan anda. Dan anda harus memaksimlkkan keyword tersebut agar bisa muncul di halaman pertama pencarian Google.

Keyword dapat ditempatkan di awal judul, tengah judul ataupun di belakang judul. Sebagai contoh, jika target keyword anda adalah makanan tentara, maka anda dapat membuat judul seperti :

Ini Yang Jadi Makanan Tentara Saat Berperang, atau dapat juga anda ganti menjadi, Makanan Tentara saat latihan dan lain sebagainya.

Usahakan keyword tersebut harus muncul didalam postingan. Jika sudah, ada bisa melanjutkan pada poin kedua.

2. 100 kata pertama

Banyak orang yang mengatakan bahwa 100 kata pertama merupakan upaya untuk memancing Google memberikan peluang ke postingan anda saat ada orang mencari artikel tentang makanan tentara.

Seperti juga pada judul, anda dapat meletakan keyword ini awal paragraf pertama, akhir paragraph pertama ataupun di belakang paragraf pertama. Dan usahakan, paragraf pertama itu tidak lebih dari 100 kata.

Sebagai contoh, jika judul artikel tentang Makanan Tentara saat berperang, anda bisa menulis 100 kata paragraph pertama sebagai berikut :

Makanan Tentara Saat Berperang (Judul)

Tahukah anda makanan tentara saat mereka berperang? Tak seperti saat latihan mereka bisa makan enak. Tapi saat perang, makanan mereka hanya seadanya saja. Mereka bisa makan makanan dari alam, seperti pohon, hewan dan lain sebagainya. (100 kata pertama)

Jadi, ada kata makanan tentara disana. Para blogger biasanya menempatkan target kata kunci awal paragram, biasanya mereka menulis sesuai judul, hanya keyword atau mungkin hanya backlink ke postingan tersebut.

Misalnya begini, saat mereka menulis artikel dengan judul Makanan Tentara Saat Berperang maka awal paragraph mereka juga menempatkan kata yang sama seperti judul postingan.

Agar tidak bingung, begini contohnya :

Makanan Tentara Saat Berperang (Judul)

Makanan Tentara Saat Berperang – Tahukah anda apa yang dimakan oleh tentara saat berperang? Tak seperti saat latihan mereka bisa makan enak.

Tapi saat perang, makanan mereka hanya seadanya saja. Mereka bisa makan makanan dari alam, seperti pohon, hewan dan lain sebagainya.

Ada juga yang menggunakan metode seperti ini :

Makanan Tentara Saat Berperang (Judul)

Tahukah anda apa yang dimakan oleh tentara saat berperang? Tak seperti saat latihan mereka bisa makan enak. Tapi saat perang, makanan mereka hanya seadanya saja. Mereka bisa makan makanan dari alam, seperti pohon, hewan dan lain sebagainya.

Di Underline diatas disisipkan link yang mengarah ke postingan tersebut. Jadi, setelah mereka memposting artikel lalu mendapatkan Linknya, mereka lalu menyisipkan diawal paragraf.

Sampai sekarang, ini masih menjadi perdebatan. Di Blog saya yang lain, saya sudah menerapkan tiga metode tersebut untuk kata kunci yang saya targetkan, lalu apa hasilnya?

Tidak terlalu mengesankan…

Memang sih dapat muncul dihalaman pertama pencarian, tidak muncul di peringkat ke 1-5. Jadi, ada yang salah disitu. Setelah di evaluasi, ada beberapa hal penting yang saya tidak tempatkan disana. Masalah-masalah itu akan dibahas pada poin-poin selanjutnya.

3. Keyword ada disubtitle

Setelah saya melakukan evaluasi, ternyata saya dapatkan bahwa keyword yang saya targetkan tersebut tidak ada di Subtitle.

Mengapa tidak ada? Karena memang saya tidak menempatkan subtitle didalamnya. Inilah yang menjadi kekurangan untuk postingan yang saya targetkan.

Jadi apa solusinya?

Saya tidak merombaknya. Saya membiarkannya, karena saya masih dapat menulis artikel lain dengan kata kunci yang berbeda yang saya dapat targetkan.

Baca Juga : 10 Fakta Penting Tentang SEO Yang Wajib Anda Ketahui

Halaman pertama sudah cukup, target saya adalah muncul diperingkat pertama pencarian Google.

Untuk itu, saya melakukan evaluasi, re-evaluasi untuk memastikan agar itu bisa muncul di halaman pertama serta menggeser blog atau website yang sudah lebih dulu ada disitu.

Untuk itu, saat membuat artikel saya berusaha sedapat mungkin untuk membuat subtitle untuk setiap postingan saya.

Lalu apa itu subtitle? Saya sudah jelaskan sebelumnya tentang pengertian subtitle yang dapat anda baca. Secara singkat subtitle adalah sub judul artikel atau postingan anda di blogspot.

Ada berapa banyak subtitle di blog? Untuk Wordpres ada sekitar 6 subtitle yang dapat digunakan, sementara di Blogspot tidak ada. Hanya ada 4 subtitle seperti Heading, Subheading, minor heading dan normal.

Anda dapat menggunakan hal itu sebagai penanda. Itu memang subtitle, dan dapat anda gunakan  untuk membuat postingan anda SEO friendly.

Untuk lebih mudah memahami, berikut contohnya.

Makanan Tentara Saat Berperang (Judul)

Tahukah anda makanan tentara saat mereka berperang? Tak seperti saat latihan mereka bisa makan enak. Tapi saat perang, makanan mereka hanya seadanya saja. Mereka bisa makan makanan dari alam, seperti pohon, hewan dan lain sebagainya. (100 kata pertama)

Makanan Tentara Saat Latihan

(artikel anda dst…)

Jadi, agar anda dapat belajar SEO dengan mudah, usahakan di subtitle tersebut tetap ada kata kunci yang anda targetkan. Tempatkan kata kunci tersebut disetiap H1, H2, H3, H4, H5 dan H6. Untuk lebih mudah memahami H1 sampai H6, silahkan lihat contoh ini:

Titile adalah Judul Artikel

H1 adalah Sub Judul Artikel paling pertama

H2 adalah sub judul artikel kedua

H3 adalah sub judul artikel ketiga

H4 adalah sub judul artikel keempat

H5 adalah Sub Judul artikel ke lima

H6 adalah sub judul artikel keenam

Untuk lebih memahami, silahkan lihat contoh sub judul dibawah :

Makanan Tentara Saat Berperang (Titile)

Artikel anda..

Makanan Tentara Saat Di Medan Berbatu (H1)

Artikel anda..

Makanan Tentara saat dipegunungan (H2)

Artikel anda..

Makanan tentara saat mereka sedang bertmpur (H3)

Artikel anda..

Makanan tentara saat sedang di Parit (H4)

Artikel anda..

Kacang Ijo sebagai makanan paling di Sukai Tentara (H5)

Artikel anda..

Nasi lemak membantu tentara Untuk bisa menahan lapar (H6)

Penutup

(Kesimpulan dari artikel anda, berupa ringkasan)

Semakin banyak anda tempatkan kata kunci tersebut semakin besar peluang anda untuk tampil di halaman pertama pencarian Google.

Sampai disini sudah paham? Kalau sudah paham, kita beranjak pada poin selanjutnya.

4. Keyword di Bold, Italic dan Underline

Ini juga penting untuk anda terapkan. Mesin pencari seperti Google dan Bing dapat membaca kata-kata yang di Bold, Italic dan Underline.

Saat anda membuat kata kunci anda tampil didalam postingan, untuk menekankan kata kunci tersebut maka keyword itu harus di Bold, Italic dan Underline.

Anda dapat melihat contoh dibawah ini, dengan artikel yang sama…

Makanan Tentara Saat Berperang (Judul)

Tahukah anda makanan tentara saat mereka berperang? Tak seperti saat latihan mereka bisa makan enak. Tapi saat perang, makanan mereka hanya seadanya saja. Mereka bisa makan makanan dari alam, seperti pohon, hewan dan lain sebagainya. (100 kata pertama)

Makanan Tentara Saat Latihan

Tentara juga perlu makan, mereka juga manusia. Toh, apa yang mereka makan memang bertujuan untuk menjaga produktivitas tubuh dan kesehatan mereka.

Sebagai tentara, mereka di tuntut untuk tetap mobile dan terus aktif, apalagi saat perang. Lalu, apa makanan tentara yang biasa di konsumsi saat latihan, biasanya tergantung medannya.

Nah itu dia ditas. Ada kata kunci makanan tentara yang saya tempatkan lagi didalam subtitle H1. Disitu, saya juga menempatkan kata kunci yang saya targetkan. Jadi, sampai disini sudah paham? Kalau sudah paham mari kita lanutkan pada poin ke lima.

5. Keyword muncul di akhir Paragraf

Jadi, diawal paragraph kan dibuka dengan keyword maka diakhir paragraph juga harus dibuka dengan keyword.

Logika sederhannya seperti Rumah. Didalam rumah ada pintu depan dan pintu belakang. Keyword juga begitu. Jadi, sebenarnya, logika ini diterapkan oleh Google untuk menilai apakah keyword tersebut memang bagus atau justru sebaliknya.

Dalam membuat artikel, usahakan anda jangan OTT. Maksudnya adalah, jangan out of topic. Jangan juga terlalu bertele-tele, sampaikan saja dengan mengalir.

Karena, orang akan betah membaca artikel anda saat mereka membaca artikel anda. Begitu juga soal keyword. Ketika anda membahas tentang makanan tentara, itu berarti anda juga membahas tentang makanan tentara dari A-Z.

Itulah yang dimaksud dalam poin ini. Logikanya juga seperti sebuah rumah. Ketika anda ingin bertamu di rumah orang, anda biasanya akan melewati pagar, halaman, beranda atau pentras rumah, masuk dari pintu depan, melihat isi didalam rumah, apa-apa saja, siapa saja yang ada didalam rumah, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, WC, dan pintu keluar.

Jadi, semuanya harus terjadi secara natural dan tak dibuat-buat. Kira-kira begitu maksud dari poin ke lima ini. Jadi, jika anda ingin tahu cara mudah menerapkan seo di postingan blog, usahakan keyword yang anda bidik harus muncul di akhir paragraf. Saya juga yakin anda sudah paham soal ini. Karena itu, kita lanjut saja pada poin ke enam…

6. Usahakan ada Kalimat Ke Link Lain

Untuk poin ke enam ini, ada beberapa hal yang harus saya tekankan. Link lain bisa berarti link dari blog kita sendiri tapi di artikel lain, dan juga link dari blog orang lain untuk topik yang sama.

Ibaratnya seperti anda membuat makalah, anda harus memasukan daftar pustaka disana. Referensi pendukung itu penting, apalagi dalam postingan.

Dalam dunia blogger itu disebut dengan pustaka, link lain itu jadi pertimbangan untuk menjadi parameter Google dalam mengukur informasi yang anda tawarkan.

Apakah inforamsi itu didukung sumber yang valid atau tidak!

Agar anda lebih mudah paham, saya bagi dalam tiga subkategori berbeda untuk poin ini, seperti dibawah ini.

a. Link ke dalam

Disini anda dapat menempatkan 2 sampai 5 link ke dalam. Ini bertujuan untuk memetakan postingan anda, artikel pendukung yang anda buat dan pemetaan penilaian.

Pemetaan penilaian adalah faktor pendukung bagi Google untuk menilai postingan anda itu, apakah terkait dengan artikel lain, yang sedang anda bahas, dalam artian lain, tentang niche blog anda atau tidak.

Ini kadang juga disebut sebagai SEO On-Page. Singkatnya, SEO On page adalah memperbanyak link ke dalam.

b. Link ke luar

Ini yang saya sebut diatas sebagai referensi, pustaka. Validitas dan kepercayaan Google terhadap link anda dapat diukur dari sini. Usahakan, link-link keluar itu menjadi sumber referensi dari artikel anda.

Tetapi tidak semua, melainkan untuk satu kalimat.

Anda harus jeli melihat sumber referensi tersebut. Termasuk kata, pertanyaan yang membutuhkan jawaban lebih akurat dan butuh referensi tambahan ataupula pernyataan yang bukan dari anda sendiri.

Semua ini adalah faktor penting bagi Google untuk memberikan penilaian bagi blog anda tersebut.
Kadang, ini juga disebut dengan SEO Off page.

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang SEO

SEO Off page bukan saja soal blogger lain menautkan artikel anda, atua menjadikan artikel anda sebagai referensi dan anda mendapatkan backlink, tapi juga backlink dari anda sendiri.

Jadi dua-dua memiliki gaya simbiosis mutualisme, dan ini menjadi salah satu faktor penilaian Google dalam memberikan peringkat untuk postingan anda tersebut.

c. Konten baca juga

Lah, apakah ini beda dengan poin yang pertama tadi? Sebenarnya tidak sama, hanya mirip. Off page, tidak termasuk sebagai bagian dari On Page, hanya menjadi faktor tambahan saja.

Misalnya, saat anda menyelesaikan sebuah survey dari sebuah aplikasi maka anda mendapatkan Poin 5, tetapi anda dapat memperoleh dua poin tambahan ketika anda melakukan perintah-perintah tertntu seperti membagikan hasil survey anda di media sosial.

On page ialah poin 5 tadi sementara konten Baca juga dalah poin 2 tadi.

Kira-kira begitu…

Lalu bagaimana menepatkan konten baca juga untuk artikel yang panjang? Anda bisa menempatkan 6 sampai 9 konten baca juga untuk artikel diatas 2.500 karakter.

Jika dibawah dari itu, tiga link sampai 5 link saja sudah cukup…

7. Kata kunci ada di Deskripsi Blog

Deskripsi blog adalah salah satu faktor tambahan poin pemberian peringkat oleh Google. Jika blog anda mengangkat niche makanan tentara, maka deskripsi blog anda harus ada kata makanan tentara diatas.

Semakin spesifik niche anda, semakin mudah bagi Google untuk memberikan peringkat untuk postingan anda.

Karena Google biasanya menginginkan blog dengan tema-tema spesifik, memberikan informasi baru bagi anda dan sederhana.

Tetapi, jika niche yang anda angkat luas, atau mungkin terlalu luas, seperti blog ini, maka anda harus membuat artikel-artikel pamungkas untuk blog anda.

Artikel pamungkas adalah artikel yang lebih dari 2500 karakter, atau mungkin 500 karakter untuk satu niche. Didalamnya, anda mengupas tuntas tentang suatu hal yang sangat spesifik.

Ingat, jika niche anda terlalu luas, anda harus membuat artikel PAMUNGKAS untuk blog anda…

Untuk membuat artikel pamungkas saya memiliki saran untuk anda :

a. artikel tersebut mengangkat tema yang spesifik

b. artikel tersebut menargetkan kata kunci yang tidak terlalu populer

c. artikel tersebut lebih dari 2.500 kata

d. artikel tersebut memberikan informasi yang lengkap dari a-z

e. artikel tersebut mengikuti panduan SEO Sederhana seperti yang sedang kita bahas disini.

Jika 5 poin ini anda terapkan, maka niscaya artikel anda tersebut akan muncul di halaman pertama pencarian Google untuk kata kunci terkait.

8. Keyword ada di URL Post

Menurut kamu, apa sih URL itu? Url adalah kumpulan tautan yang mengarah ke blog anda. Anda dapat membaca pengertian URL lebih lanjut disini.

Google dan Bing saat ini masih menjadikan URL sebagai faktor penting peringkat di Google. Berbeda dengan Yamdex. Mereka sudah tidak lagi menggunakan URL sebagai faktor peringkat, melainkan konten.

Dan, Google sedang mengarah kesana…

Jadi, apa yang terjadi jika URL sudah tidak lagid ijadikan faktor peringkat di Google? Maka poin ke 8 ini tidak lagi relevan.

Tapi tidak ada salahnya kalau kita membahas soal ini, sebab saat ini Google masih menjadikan URL sebagai faktor untuk memperoleh peringkat di Google.

Sebagai contoh, untuk URL diatas dari 7 karakter atau lebih maka akan dipotong oleh Google. Tetapi, jika judul anda anda itu dibawah dari 7 karakter, maka sudah pasti kata kunci anda akan masuk di URL.

Karena itu usahakan agar kata kunci yang anda targetkan itu ditempatkan di awal judul agar bisa muncul di tautan atau URL.

Jadi, misalnya judul postingan anda tentang makanan tentara saat perang, dengan target kata kunci makanan tentara, maka sudah pasti akan muncul di URL.

Sebagai contoh :

Judul anda : Makanan tentara saat perang

URL blogspot: https://www.bloganda.com/makanan-tentara-saat-perang.html

URL Wordpres : https://www.bloganda.com/makanan-tentara-saat-perang/

Yang diberi tanda merah adalah kata kunci anda. Jadi, usahakan kata kunci anda tersebut muncul di URL postingan anda.

9. Keyword density

Kewyord density atau kepadatan kata kunci. Disini berarti, semakin panjang konten anda, kepadatan kata kuncinya juga semakin tinggi. Usahakan, setiap 500 karakter ada 1-2 kata kunci. Katakanlah, keyword yang anda targetkan seperti judul diatas, yakni cara mudah menerapkan SEO di postingan blog, maka usahakan, keyword cara mudah menerapakn seo di postingan blog cukup padat.

Misalnya, artikel ini ada sekitar 3500-an karakter, maka keyword harus muncul sebanyak 7 kali didalam postingan ini. Mengapa demikian?

Itu menunjukan bahwa konten anda fokus pada keyword yang anda targetkan. Jika anda pandai merangkai kata, anda boleh-boleh saja menempatkan keyword disetiap paragraph yang lebih dari 200 kata.

Tetapi itu hanya untuk postingan dibawah 1000 karakter lalu bagaimana dengan yang artikel yang diatas 2500 karakter?

Boleh saja menempatkan kata kunci sampai 15 atau 20 kali. Itu tidak jadi masalah, tapi usahakan untuk tidak terlihat memaksakan, jadilah natural.

Untuk menulis dengan natural, anda dapat membaca tips menulis natural yang sudah disipakan untuk anda. Pada poin terakhir dari tips tersebut menjadi kunci bagaimana agar bisa menulis dengan natural.

10. Backlink

Tadi kita sudah membahas tentang SEO Off Page, yakni memperoleh backlink dalam postingan tersebut. Tapi, untuk memperoleh backlink tidak mudah loh. Konten-konten ada harus menarik, natural dan original.

Singkatnya, konten anda harus berkualitas!

Untuk memperoleh backlink, beberapa blogger biasanya membuat blog yang lain, yang khusus untuk memberikan backlink untuk blog…

Tetapi, apakah itu bukanlah backlin berkualitas dan ada banyak faktor yang menentukan apakah backlink itu berkualitas atau tidak.

Bahkan ada juga yang membuat blog di Medium, Tumblr, dan lain sebagainya.. tapi peringkat dan pengunjung tidak kunjung naik.

Berarti ada yang salah, anda harus mengubah paradigma anda soal backlink.

Jika kita berbicara soal postingan natural, konten-kotennya natural, cara menulisnya juga mengalir, maka begitu juga soal backlink.

Poin kunci dari backlink yang natural adalah memperoleh bancklink secara natural dari blog lain. Tapi backlink itu datang dari blog yang juga berkualitas dan satu topik dengan blog anda.

Jika ada backlink dari blog-blog seperti J*di, P*rno, dan situs-situs lain maka segeralah hapus.

Karena backlin tersebut memang natural tapi berbahaya dan bisa membuat popularitas blog anda anjlok.

Jadi, ada banyak faktor soal backlink dan memang tidak mudah untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Tetapi, usahakan sedapat mungkin untuk tidak menggunakan jasa backlink. Sebab, selain tidak aman juga anda tidak akan memperoleh apa-apa dari sana.

Sudah duit keluar, popularitasnya sesaat dan berbahaya untuk blog kita.

Ada juga alasan-alasan lain mengapa kita harus sedapat mungkin tidak menggunakan jasa backlink. Bukan meremehkan blogger  yang membuka jasa seperti itu, tetapi untuk memberikan edukasi kepada para blogger untuk selalu berusaha membangun sesuatu dengan jujur, iklas dan kerja keras.

11. Sharing

Kalau anda tanya, media sosial apa yang mejadi salah satu faktor untuk memperoleh peringkat di mesin telusur, anda akan jawab apa?

Menurut riset, yang dapat anda baca dipostingan saya tentang Fakta-fakta SEO, maka anda akan melihat peran Google+ untuk memberikan peringkat halaman anda di mesin telusur.

Ini tidak mengherankan, karena Google+ memang punya Google. Tapi mengapa harus Google+? Karena itu memang punya Google.

Jadi, perbanyak share di Google+ agar peringkat anda menjadi lebih baik di mesin telusur.

12. Tambah Maps, Video dan Gambar

Maps dan Video memungkinkan halaman anda memperoleh peringkat lebih tinggi di mesin pencarian Google. Ini berkaitan dengan konten a-z dimana anda selain memberikan tulisan juga ada visualisasi dan lokasi.

Jika anda menerapkan pada postingan anda, misalnya tentang makanan para tentara, maka anda harus menempatkan satu video didalamnya saat para tentara lagi makan.

Ini penting, demi peringkat.
Jika artikel anda tentang bisnis lokal ataupun traveling, maka ini menambahkan Maps tampaknya bagus. Dua hal ini bisa memberi peringkat di mesin pencarian.

Lalu bagaimana dengan gambar?

Gambar juga dapat menjadi salah satu faktor pemeringkat. Gambar dan konten adalah dua hal yang tidak dapat anda lewatkan.

Tetapi anda harus memaksimalkan properti gambar tersebut. Untuk memaksimalkan property gambar di Blogspot dan WordPress anda dapat membaca artikel saya tentang cara memaksimalkan Gambar Yang SEO di Blogspot dan cara mengganti Properti Gambar di WordPress.

Dua hal diatas membantu Google untuk memberikan peringkat yang lebih baik di mesin telusur. Jika anda punya gambar Original, silahkan gunakan karena itu lebih bagus.

Jika tidak, juga tidak apa-apa. Anda masih bisa mengeditnya di Paint ataupun di photoshop. Untuk membantuk gambar yang lebih bagus, original dan baru.

Semua ini demi postingan anda dan konten anda. Apalagi jika konten tersebut adalah konten pamungkas. Maka sudah pasti anda harus memaksimalkan hal ini.

Penutup

Sebenarnya, masih ada beberapa cara lagi untuk meningkatkan skor SEO anda. Tapi, bagaimana cara menghitung skor SEO blog kita?

Anda dapat membaca artikel saya yang lain tentang cara menghitung skor blog dengan baik dan benar. Disitu anda akan tahu bagaimana cara untuk memaksimalkan skor SEO anda, lalu mamaksimalkannya.

Faktor-faktor lain yang menjadi penentu SEO adalah meta-tag, deskripsi blog, template dan tentu saja, konten anda. Semua hal ini penting agar anda memperoleh prioritas di halaman pertama Google.

Jika masih ada yang kurang jelas, anda dapat tinggalkan di kolom komentar. Atau, jika anda ingin memberi masukan, kritikan dan sanggahan soal postingan ini, silahkan tinggalkan juga di kolom komentar.

Demikian artikel tentang cara mudah menerapkan SEO di Postingan blog. Semoga bermanfaat!

You might like

About the Author: miminwekerindo

Seorang full-time blogger yang baru belajar ngeblog beberapa tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.