Cara Memilih Ekstensi Domain Yang Tepat Untuk Blog

1 Like 2 Comments
cara memilih ekstensi domain

Cara Memilih Ekstensi Domain Yang Tepat Untuk Blog merupakan salah satu cara utama untuk memperkenalkan kepada publik bahwa anda sudah benar-benar aktif ngeblog.

Jika anda kurang aktif, mungkin anda akan menemui beberapa kendala-kendala tertentu, seperti nama domain yang terlalu panjang, dan lain sebagainya.

Banyak orang yang memilih nama domain menggunakan nama mereka sendiri, atau sapaan akrab mereka dan lain sebagainya.

Meski demikian, mereka tidak memahami ekstensi domain mereka sendiri. Padahal ini merupakan langkah awal untuk lebih paham ke arah mana blog mereka akan dibawa.

Baca Juga : Cara mengecek skor DA dan PA Blog

Jadi, memilih ekstensi domain yang tepat adalah pintu untuk mengarahkan anda ke sebuah pilihan yang lebih luas, dalam dunia internet.

Jika anda kesulitan memilih nama domain, saya sarankan anda bisa menggunakan nama anda sendiri. Atau anda bisa menggunakan panggilan sehari-hari.

Sementara, saat ini, nama domain paling mahal yang saya pernah kenal adalah mi.com, yang merupakan milik produsen handphone terkenal dari China, Mi. Kabarnya, domain ini dibeli dengan harga Rp. 45 Miliar lebih.

Semakin pendek sebuah nama domain semakin mahal harganya. Nama domain yang anda pilih itu mencerminkan tentang blog anda. Dan anda harus memilih nama domain yang tepat

Ekstensi Domain

Ekstensi domain adalah ekstensi atau akhiran dari domain yang anda pilih. Dalam pembahasan ini, saya hanya akan membahas mengenai ekstensi domain dari Indonesia, yang lazim anda lihat saat berselnacar di dunia maya.

Baca Juga : Cari Domain dan Hosting? Niagahoster saja

Berikut beberapa ekstensi domain yang cukup populer di Indonesia

.COM

Ini adalah kepanjangan dari comersial. COM adalah salah satu domain paling populer di dunia. Diperkirakan sebanyak 60 juta nama domain dari seluruh dunia menggunakan ekstensi domain yang satu ini.

Jika ada memilih ekstensi COM maka itu adalah pilihan tepat. Domain ini dapat anda beli dengan harga diatas dari 100 ribu rupiah.

.ID

Ini adalah ekstensi domain dari kepanjangan INDONESIA. Memilih domain dengan ekstensi ini menunjukan nilai lokalitas dari blog anda.

Baca Juga : Cara pilih nama domain yang tepat

Jika blog anda menggunakan bahasa inggris, maka menggunakan ekstensi .com cukup tepat, tapi jika anda menggunakan bahasa Indonesia menggunakan domain .ID adalah langkah yang lebih tepat.

Tetapi, saat ini harga domain .ID cukup mahal dengan kisaran Rp. 250.000 keatas.

.NET

Estensi ini merupakan kepanjangan dari INTERNET. Memilih nama domain ini cukup penting, namun domain ini cenderung kurang populer tetapi memiliki otoritas yang cukup baik dan sudah dikenal oleh banyak orang.

Jika anda hendak membeli domain dengan ekstensi ini, itu sah-sah saja. Yang penting anda mampu menglohanya.

.CO.ID

Jika anda membeli domain atas nama perusahan dan perusahaan itu ada di Indonesia maka silahkan membeli nama domain .CO.ID. Ini adalah ekstensi domain kepanjangan dari CORPORASI INDONESIA.

Baca Juga : 5 Mitos Yang Sering Di Dengar Blogger Pemula

Ada beberapa persayaran untuk memilih nama domain ini sendiri, selain pembelinya harus dari perusahaan yang sudah berbadan hukum, harga yang ditawarkan pun tidak mahal. Anda bisa membelinya dengan harga diatas Rp. 120.000 ribu rupiah.

.AC.ID

Ekstensi ini merupakan kepanjangan dari ACADEMIK INDONESIA. Jika anda membeli domain atas nama akademik atau sebuah institusi pendidikan tinggi, maka anda harus memilih esktensi domain yang satu ini.

.SCH.ID

Ekstensi domain ini merupakan akronim dari SCHOOL INDONESIA. Jika tujuan anda membeli nama domain atas nama sekolah maka memilih nama domain yang satu ini adalah langkah yang paling tepat.

Hal ini karena memang domain ini diperuntukan untuk sekolah-sekolah dari SMA, SMP, dan SD termasuk TK.

Lalu bagaimana cara memilih ekstensi domain yang tepat? Menurut saya, jika anda seorang blogger, misalnya dalam artikel anda anda mengangkat niche tentang blogging, maka ekstensi yang paling tepat adalah .COM, namun anda boleh menggunakan .ID ataupun .NET itu terserah anda.

Baca Juga : Idealnya, Satu Orang Punya Berapa Blog?

Namun alangkah bagusnya kalau anda memilih ekstensi domain .COM agar lebih familiar dan topik pembahasan anda bisa lebih luas, kalau sewaktu-waktu anda memperluas niche anda.

Misalnya, tidak saja berhenti pada blogging, tetapi juga pada tutorial lain seperti membahas Youtube ataupun Internet Marketing.

Penutup

Sebenarnya ada juga beberapa ekstensi domain lain seperti .tech, .shop, .blog dan lain sebagainya. Semua domain itu disiapkan dengan tujuan yang khusus bagi para pengguna. Tetapi domain yang paling populer adalah ekstensi domain yang diatas.

Semakin populer suatu ekstensi domain maka semakin mahal harganya. Jadi, jika anda hendak terjun ke dunia blogging, maka memilih nama domain dan ekstensi yang tepat merupakan langkah jitu untuk memaksimalkan blog anda di mesin pencari.

Sebab, nama domain yang sesuai dengan kueri pencarian pengguna di mesin telusur akan diprioritaskan terlebih dahulu ketimbang SEO yang anda terapkan.

Nah demikian artikel tentang Cara Memilih Ekstensi Domain Yang Tepat Untuk Blog, jika anda punya pertanyaan mengenai postingan ini silahkan tinggalkan di kolom komentar ya.

You might like

About the Author: miminwekerindo

Seorang full-time blogger yang baru belajar ngeblog beberapa tahun lalu.

2 Comments

  1. Dengan hormat Tiem VIVA,

    salam kenal Nama Saya: Ratman Bejo,Terimakasih artikel yang anda share di dunia digital sehingga saya bisa belajar banyak hal tetang dunia digital

    Salam sukses Buat tiem VIVA semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.