Benarkah Bulan Memiliki Sisi Gelap Dimana Sinar Matahari Tidak Pernah Menyinarinya?

5 Likes Comment
bulan memiliki sisi gelap
Benarkah Bulan Memiliki Sisi Gelap Dimana Sinar Matahari Tidak Pernah Menyinarinya? – Diartikel kali ini kita akan membahas tentang mitos lain dalam dunia astronomi yang masih bertahan hingga saat ini yakni tentang sisi gelap bulan, yang disebut-sebutkan mengandung air. Pembahasan ni memang membutuhkan bukti dan validasi lebih jauh lagi dari para ilmuwan. Namun jawaban singkatnya kira-kira seperti yang dibahas dibawah ini.

Pembahasan mengenai mitos astronomi adalah salah satu pembahasan yang tak akan pernah habis. Pada postingan sebelumnya kita telah membahas dua mitos astronomi yang bertahan cukup kuat hingga sekarang ini.

Kali ini kita akan membahas mengenai mitos astronomi yang mengatakan bahwa bulan memiliki sisi gelap dimana matahari tidak pernah mencapainya. Sebenarnya itu salah. Sisi itu diterangi oleh matahari seperti sisi yang selalu menghadap kita.

Tetapi saat bulan purnama terjadi, saat sisi bulan yang paling dekat sepenuhnya diterangi matahari, seluruh bagian belakang bulan benar-benar gelap. Hal itu terjadi karena bagian belakang tersebut jauh dari sinar matahari.

Berlaku di planet lain

Dan berlaku juga di bumi, termasuk di planet-planet lain seperti Merkurius dan bahkan Saturnus. Setengah bulan selalu berada dibawah sinar matahari dan sebagiannya lagi tertutup sinar matahari. Saat anda melihat bulan kuartal pertama, sisi kanan bulan berada dibawah sinar matahari.

Setengah lainnya, termasuk bagian belahan bumi yang terlihat bulan ditambah sebagain dari fase farside bulan yang tidak dapat kita lihat, karena kita tidak dapat melihat sejauh 240.000 mil dan mengintip wilayah sekitarnya.

Seorang astronot yang mengrobit bulan pada saat itu tidak akan melihat sisi belahan bumi lain yang tidak diterangi matahari.

Namun ketika bulan sudah penuh, bagian yang terlihat hanyalah setengahnya, yakni yang diterangi oleh matahari, sementara bagian farside gelap. Hal yang sama juga terjadi ketika bulan sabit sore terjadi. Jadi, menurut anda apakah benar ada bagian bulan yang tidak pernah terpapar sinar matahari dan benar-benar gelap?

Nah demikian artikel tentang Benarkah Bulan Memiliki Sisi Gelap Dimana Sinar Matahari Tidak Pernah Menyinarinya?. Semoga artikel ini bermanfaat.

You might like

About the Author: miminwekerindo

Seorang full-time blogger yang baru belajar ngeblog beberapa tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.