Bagaimana Cara Mengetahui Pengunjung Blog Organik?

5 Likes Comment
cara mengetahui pengunjung blog organik

Menurut anda bagaimana cara mengetahui pengunjung blog organik? Salah satu caranya adalah dengan melihat dari mana datangnya pengunjung tersebut. Dalam artikel ini saya akan mengulas tentang cara mengetahui pengunjung organik suatu blog.

Memperoleh pengunjung organik yang tinggi memang suatu kebanggan tersendiri orang-orang yang ngeblog. Namun hal pertama yang harus kita ketahui adalah bagaimana cara mengetahui pengunjung organik dan darimana visitor itu berasal. Visitor organik adalah poin penting yang harus diperhatikan bagi admin blog agar blognya lebih akrab di mesin telusur.

Apalagi jika blog tersebut telah di monetize atau blog yang dibangun untuk bisnis dan menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang dari internet, harapan besarnya tentu mendapatkan pengunjung berlimpah dari blog yang dibangun. Untuk memaksimalkan itu, kemampuan SEO dan berbagai elemen lain patut ditingkatkan oleh pemilik blog untuk mendatangkan pengunjung secara organik.

Baca Juga : 5 Jenis Traffic Blog Organik Yang Harus Dimaksimalkan Blogger

Saya sejauh ini mengelola beberapa blog, rata-rata traficknya memang berasal dari Google meski masih kecil. Usahakan agar kita selalu memonitor secara berkala traffic untuk menjadi evaluasi  seberapa besar visitor kita, apakah meningkat atau berkurang.

Namun jika kita memiliki trafik yang rendah dan tidak meningkat dalam waktu yang cukup lama sebaiknya kita memodifikasi SEO atau cara kita mengelola blog. Apalagi jika tiba-tiba turun drastis maka kita harus mengidentifikasi penyebab utamanya.

Saat ini di internet banyak alat yang dapat digunakan untuk mengontrol visitor blog dengan gratis seperti Widget Histats, Widget Whois.Amung.us dan lain sebagainya. Bagi saya sendiri, saya menyarankan agar gunakan alat dari Google karena ini lebih akurat dan kompatibel. Ini untuk memonitor pengunjung blog spaya kita tahu tingkat pengunjung dan darimana pengunjung itu berasal.

Cara mengetahui pengunjung organik atau bukan

Untuk mengetahui pengunjung organik blog silahkan buka Dashbord Blogger anda lalu pilih Ikhtisar. Perhatikan jumlah View dan visitor. Dua istilah itu berbeda, visitor adalah pengunjung blog yang mengunjungi blog anda sementara Page View (PV) adalah jumlah halaman yang ditampilkan atau dilihat oleh visitor. Ada tiga keterangan utama yang dapat kita lihat dari menu ikhtiar ini. Antara lain:

  • https://www.google.co.id/ (search engine Google Indonesia)
  • https://www.google.com/ (search engine Google)
  • https://www.bing.com/ (search engine Bing)
  • https://www.yahoo.com/ (search Engine dari Yahoo)
Bagaimana Cara Mengetahui Pengunjung Blog Organik?
Gambar nomer dua diatas menunjukan jumlah Page View atau tayangan halaman yang dilihat pengunjung blog.

Selain tiga jenis pengunjung diatas ada juga beberapa pengunjung dari misalnya, pengunjung dari media sosial, dari backlink dan lain sebagainya.  Tiga iktiar ini adalah pengunjung organik dan bukan pengunjung non-organik. Sementara, untuk pengunjung non organik saya telah mengulasnya pada salah satu artikel saya yang berjudul Pengunjung Blog Organik Tidak Termasuk Pengunjung Dari Sosial Media? Ini Penjelasannya.

Perlu anda ketahui, gak mudah memperoleh pengunjung organik. Ada banyak hal yang harus anda tingkatkan, mulai dari mengoptimalkan kata kunci, juga termasuk mengoptimalkan SEO, meningkatkan domain Authority dan Page Authority serta memperoleh backlink yang banyak untuk blog anda.

Ada banyak cara untuk memperoleh backlink, dan ini dapat anda terapkan didalam blog anda. Dalam dunia bloging, hal yang paling sudah diperoleh adalah mempunyai trafik organik yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Untuk itu, tetaplah konsisten dalam membuat artikel dan jangan lupa untuk terus berdoa.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatahui pengunjung organik suatu blog. Dari cara ini anda bisa terus berupaya untuk meningkatkan pengunjung organik. Jika pengunjung organik anda sudah banyak sudah tentu popularitas blog anda sudah lebih baik di search engine. Terus tingkatkan kemampuan anda, sehingga blog anda lambat laun bisa di bikin brand. Semoga bermanfaat!

You might like

About the Author: miminwekerindo

Seorang full-time blogger yang baru belajar ngeblog beberapa tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.