8 Kesalahan Menyikat Gigi Yang Paling Umum Dilakukan

6 Likes Comment
kesalahan menyikat gigi yang paling umum

8 Kesalahan Menyikat Gigi Yang Paling Umum Dilakukan – Ada banyak manfaat yang didapatkan saat menyikat gigi mulai dari menghilangkan bakteri dari dalam gigi, membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel, menghilangkan kerak gigi, menjaganya agar tetap putih dan bersih serta menghilangkan nafas bau.

Umumnya, menyikat gigi bertujuan untuk membersihkan atau menghilangkan sisa-sisa makanan yang masih menempel sementara untuk tahap akhir dari pembersihan gigi adalah menggunakan obat kumur untuk menghilangkan bakteri. Untuk hasil yang lebih baik bisa menggunakan obat-obat alami seperti minyak kelapa.

Tetapi ternyata saat menyikat gigi ada saja kesalahan yang kita lakukan entah dengan sengaja atau tidak. Kesalahan-kesalahan ini tetap memiliki dampak bagi gigi, gusi dan juga mulut kita di kemudian hari. Nah berikut disajikan 8 kesalahan menyika gigi yang paling umum dilakukan. Apa saja kesalahannya? Ini dia daftarnya.

1. Memilih sikat gigi yang salah

Kesalahan yang pertama adalah kadang kita memilih sikat gigi yang salah dan tidak sesuai dengan kodisi gigi dan mulut kita. Untuk ukuran kepala sikat gigi misalnya, jika anda memiliki mulut yang lebih kecil maka silahkan gunakan sikat gigi yang kecil dan bukan yang besar. Perhatikan juga kuas dari sikat yang biasanya memiliki berbagai ukuran pengangan serta sudut yang berbeda. Beberapa lebih fleksibel daripada yang lain.

Baca Juga : Cara Alami Obati Sakit Gigi Saat Hamil

Usahakan juga bulu-bulu pada sikat gigi harus bisa ditekuk untuk bisa menjangkau sela-sela gigi dengan aman. Untuk itu, pastikan agar memilih sikat gigi yang dapat menjangkau bagian dalam gigi terutama dibagian gigi gerahang.

2. Terburu-buru dalam menyikat gigi

Berapa sih batas waktu maksimal dalam menyikat gigi? Jawabannya adalah dua menit dan tidak boleh kurang. Namun terkadang, kita menyikat gigi kurang dari itu, bahkan dalam beberapa kasus tidak sampai 30 detik.

Hal ini adalah kejadian paling umum dan sering dilakukan dan biasanya karena kita terburu-buru untuk pergi ke kantor, sekolah atau sudah mengantung dan pengen cepat tidur.

3. Menyikat gigi terlalu lama

Seperti yang disebutkan dibagian atas, batasannya adalah 2 menit dan usahakan tidak boleh lebih dari itu. Sebab hal ini bisa membuat gusi dan gigi anda lecet dan retak apalagi jika anda menggosok gigi dengan cara kasar ditambah lagi bulu pada sikat yang tidak lembut, kasar dan tegang.

4. Menggunakan sikat gigi yang sama dalam waktu yang lama

Saat anda menggunakan sikat gigi usahakan untuk selalu menggantinya secara rutin atau setiap satu dan dua bulan sekali. Namun jika anda sudah melihat perubahan-perubahan tertentu sebelum waktunya, seperti perubahan pada bulu sikat, perubahan warna, bengkok dan terlihat kotor sudah saatnya anda mengganti dengan sikat gigi yang baru.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Gigi Pakai Lemon

Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan sikat gigi orang lain, sekalipun itu istri atau anak anda. Dan usahakan agar menyimpan sikat gigi di wilayah terbuka agar jamur tidak tumbuh dibagian sikat gigi yang basah.

5. Cara menyikat gigi yang keliru

Kebanyakan cara menyikat gigi adalah dari kiri ke kanan. Cara sikat gigi macam ini disebut tidak maksimal, apalagi kalau tidak diringi dengan pijatan pada dan pemberishan disela-sela gigi.

Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa menggunakan gerakan melingkar kecil dan naik turun. Sebab gerakan dipercaya membantu membersihakn gigi lebih efisien dibanding hanya menyikat gigi dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah.

6. Lupa membersihkan gusi

Bakteri sering nongkrong ditempat gigi dan gusi anda berada. Disitu terdapat satu millimeter jaringan gusi dimana gigi berada diluar gusi, dan dibagian bawah terdapat sekitar 2-3 milimeter. Ruang inilah biasanya menjadi sarang bakteri, yang sewaktu-waktu bisa membuat gigi anda rusak.

Baca Juga : 8 Cara Obati Sakit Gigi Dengan Cepat

Inilah yang menjadi alasan mengapa harus membeli sikat gigi dengan bulu yang bisa ditekuk. Tujuannya untuk menjangkau wilayah-wilayah tersebut. Istilah menyikat gigi sebenanrya adalah sebuah istilah yang merujuk pada upaya pembersihan gigi secara komprehensif, termasuk juga gusi dan lidah. Untuk itu jangan lupa membersihkan gusi anda setelah anda menyikat gigi.

7. Lupa membersihkan lidah

Nah inilah yang sering dilakukan. Kadang kala, kita juga tidak membersihkan lidah meskipun saat itu kita sedang menyikat gigi. Jadi, usahakan agar membersihkan lidah setelah menyikat gigi. DIsarankan juga untuk menggunakan sikat gigi yang komplit, dimana juga terdapat alat untuk membersihkan lidah dibagian atas kepala sikat gigi.

8. Waktu menyikat gigi

Usahakan untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari dan setidaknya selama dua menit. Atau, anda juga bisa menyikat gigi setiap kali selesai makan. Dan ingat, usahakan untuk memberikan perlindungan tambahan pada gigi untuk hasil yang lebih maksimal, seperti melakukan flossing, menggunakan obat kumur dan membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat.

Nah demikian artikel tentang 8 kesalahan menyikat gigi yang paling umum dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat~

You might like

About the Author: miminwekerindo

Seorang full-time blogger yang baru belajar ngeblog beberapa tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.