10 Makanan Terbaik Dari Kota Makasar

7 Likes Comment
makanan terbaik dari kota makasar

10 Makanan Terbaik Dari Kota Makasar – Di wilayah Timur Indonesia masih menyimpan berbagai banyak daya tarik, salah satunya terkait dengan makanan khas daerah. Makanan khas daerah itu kini telah ikon yang menunjukan betapa kayanya suatu daerah.

Tak terkecuali dengan wilayah yang satu ini.Makassar, Ibu kota Sulawesi Selatan ini telah menjadi salah satu kota bersejarah di Indonesia.

Di kota ini juga dipenuhi berbagai macam jajanan kuliner dengan varian unik dan menarik mulai dari saus gula aren, pisang goreng hingga sup. Saat senja, hiruk pikuk kota dimulai, termasuk juga jajanan kuliner disana. Nah, berikut disajikan beberapa daftar makanan khas yang ada di Makassar, apa saja itu? Berikut daftarnya.

1. Soto Makassar

10 Makanan Terbaik Dari Kota Makasar
nunuamir.com

Makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga. Soto Makassar atau disebut juga coto makassar adalah salah satu makanan yang cukup terkenal di Indonesia sejajar dengan rendang, ataupun papeda. Soto makassar berupa sup kental yang khas dicampur dengan daging seperti jantung sapi, babat, otak, paru-paru, dan usus.

Baca Juga : 4 Kuliner Khas Maluku

Yang membuat makanan ini menarik adalah kaldu dari soto ini yang terdiri dari kacang tanah, air dan rempah-rempah lain. Biasanya, soto makasar disantap bersama Burusa atau sejenis ketupat. Dibeberapa tempat, soto makassar disajikan bersama kue beras yang terkompresi dengan daun kelapa. Ada juga tambahan sambau tauco untuk meningkatkan cita rasa.

2. Sop Konro

10 Makanan Terbaik Dari Kota Makasar
merahputih.com

Seperti juga soto Makassar, sop konro adalah jajaran kuliner dari Makassar yang wajib kamu coba saat berkunjung ke kota Daeng tersebut. Sop konro biasanya terdiri dari sup dari rusuk sapi. Aroma yang kuat, rasa yang sedap bikin air liur meleleh.

Untuk memperkuat rasa ada tambahan bumbu-bumbu seperti keluwak atau dikenal juga dengan nama Pangium edule, ketumbar, serai dan kunyit. Ada beberapa varian masakan ini selain soto yakni Konro bakar dan konro panggang. Yang jelas, yang namanya sop konro sangat nikmat.

3. Barongko

10 Makanan Terbaik Dari Kota Makasar
bumbukuliner.com

Selain sup, ada juga makanan ringan lain yang berasal dari Makassar salah satunya adalah Barongko. Barongko terdiri dari pisang yang dikukus. Untuk menambah kenikmatan pisang kukus tersebut ada tambahan gula, susu kental, telur, vanilla dan juga garam.

Baca Juga : 2 Kuliner Indonesia Masuk Dalam Daftar 5 Masakan Terbaik Dunia

Pisang tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu di kukus. Proses pengukusannya juga tidak terlalu lama, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

4. Pisang epe

10 Makanan Terbaik Dari Kota Makasar
resepkoki.id

Pisang epe lebih cocok disebut cemilan yang manis. Pisang epe dibuat dengan cara dipanggang. Cara pembuatannya juga tidak terlalu sederhana, pisang yang telah matang diminyaki dengan margarin, lalu dipanggang selama 5 menit.

Setelah itu ditaburi dengan gula dan kelapa. Ada banyak variasi pisang epe seperti rasa cokelat, selai dan juga keju. Jika kamu berkunjung ke Makassar dan memiliki waktu luang untuk berjalan ke Pantai Losari, kamu dapat dengan mudah menemukan pisang epe ini apalagi saat malam hari.

5. Es palu butung

10 Makanan Terbaik Dari Kota Makasar
modern.id

Beberapa orang menyebutu dengan es palu butung, ditempat lain disebut juga es palabutun, es pisang ijo dan pisang ijo, apapun penyebutannya yang jelas ini adalah makanan penutup dengan rasa yang sangat nikmat apalagi disantap saat sore hari. Es palu butung adalah salah satu makanan khas Makassar yang berbahan dasar pisang.

Baca Juga : 5 Masakan Minahasa Terbaik Yang Wajib Kamu Cicipi Saat Berkunjung Ke Manado

Ada tambahan saus vla putih, tepung beras yang dimasak bersama santan, pandan, gula, garam dan bubuk vanilla. Untuk menambah kenikmatan maka ditambah pisang kukus, sirup merah dan es batu. Santaplah selagi masih dingin, sebab rasanya sangat nikmat.

6. Pallu Basa

10 Makanan Terbaik Dari Kota Makasar
tripadvisor.co.id

Ada juga makanan khas berupa sup kental yang biasa disebut dengan Pallu Basa. Sup ini berbahan dasar dari daging sapi dan organ sapi, seperti jantung, usus, limpa dan juga babat. Untuk menambah kenikmatan sop maka ditambahkan rempah-rempah lokal seperti jinten, lengkuas, jahe, cengkeh, kayu manis dan serai.

Ada juga tambahan cuka, gula aren dan parutan kelapa untuk menambah cita rasa. Biasanya, Pallu basa disantap bersama telur mentah. Rasanya, jangan tanya lagi deh!

7. Buras

10 Makanan Terbaik Dari Kota Makasar
buras/sc

Jika kamu bepergian ke Makassar dengan menggunakan Kapal Laut, saat kapal sudah bersandar maka ada pedagang-pedagang yang menjajakan makanannya, salah satunya pasti menjual Buras. Buras adalah salah satu makanan pokok dari Makassar dan dihidangkan dengan lonting dan terbuat dari nasi dibungkus dengan daun pisang muda.

Baca Juga : Berkunjung Ke Sumatera Barat? Wajib Cicipi 3 Masakan Khas Ini

Biasanya, buras disajikan dengan kelapa parut yang kering dan agak pedas. Dibeberapa tempat di Makasar, Buras disajikan sebagai pendamping dari Soto Makassar atau Pallu Basa. Makanan ini juga dapat dengan mudah ditemukan di banyak tempat di Kota Makassar, atau diacara-acara keagamaan, atau perayaan-perayaan tertentu.

8. Palumara

makanan terbaik dari kota makasar
palumara/via selerasa.com

Bosan dengan daging-dagingan? Tenang, ada santapan khas Makassar yang terbuat dari ikan dan itu adalah Palumara. Palumara adalah hidangan laut khas makassar yang terdiri dari  ikan dan kaldu berwarna kuning.

Ikan-ikan yang ada dalam makanan tersebut biasanya ikan kakap, ikan susu dan ikan tuna. Sekali lagi, cita rasa dari makanan ini juga tak kalah menantang sebab tambahan tumbu seperti daun jeruk purut, daun bawang, cabe dan cuka ataupun lemon menambah kenikmatan makanan yang satu ini. Jangan ngiler ya!

9. Jalangkote

Jalangkote ini seperti kukis atau kudapan dengan bungkus tebal dan terbuat dari terigu. Biasanya, bagian dalam Jalangkote terdapat kentang, wortel, daun bawang, tauge ataupun telur rebus. Bahan-bahan itu sebelumnya ditumis dengan bawang putih, bawang merah dan merica. Ada juga tambahan daging sapi yang telah di cincang.

10. Sop Sodara

10 Makanan Terbaik Dari Kota Makasar
cookpad.com

Kira-kira, ada berbapa banyak sup ya yang telah kita bahas? Pantaslah kalau kita sebut Makassar seabgai kota Sup. Gimana setuju gak? Daftar terakhir juga sup kok. Dari berbagai cerita yang didapat, sebenarnya Sop sodara ini berasal dari Kabupaten pangkep.

Ini adalah sup tradisional yang terdiri dari daging sapi atau paru-paru sapi yang digoreng, bihun dan kentang. Biasanya, Sop Sodara juga disajikan bersama dengan ikan bakar, telur rebus dan nasi kukus.Nah demikian 10 makanan khas dari Makassar. Jika kamu berkunjung ke sana, pastikan untuk mencicipi salah satu makanan khas tersebut ya.

You might like

About the Author: miminwekerindo

Seorang full-time blogger yang baru belajar ngeblog beberapa tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.